Rabu, 13 April 2016

Prospek Kerja Lulusan PKN STAN

Pekerjaan ( STAN )

BAGAIMANA PROSPEK KERJA LULUSAN PKN STAN?


Prospek Kerja Lulusan PKN STAN - Politeknik Keuangan Negara STAN ( PKN STAN ) Merupakan salah satu sekolah tinggi kedinasan yang ada di Indonesia. PKN STAN sendiri bernaung dan dikelola oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan milik Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Sebagai salah satu lembaga perguruan tinggi, setiap tahunnya PKN STAN menerima lamaran dari 100.000 pendaftar dan rata-rata menerima sekitar 3500 peserta didik yang terdiri dari Diploma III , Diploma I, Diploma III Khusus , dan Diploma IV ( Khusus lulusan DIII PKN STAN ) yang jumlah ini jika di prosentase hanya sekitar 4% dari total pendaftar. Memang perguruan tinggi ini merupakan salah satu yang memiliki daya saing yang tinggi, sehingga untuk menjadi mahasiswa disana harus dibutuhkan kerja yang ekstra keras karena harus menyisihkan ratusan ribu orang pendaftar lainnya.


Lalu apakah jumlah pendaftar yang sebanyak itu akan sepadan dengan prospek kerja atau peluang kerja yang didapatkan ketika kita lulus dari sekolah bergengsi yang satu ini? 


Prospek Kerja

 

Mungkin pertanyaan tersebut akan selalu timbul di benak pembaca, apakah sepadan persaingan yang tinggi dengan kesempatan kerja yang akan kita dapat. Jika kita ulas kembali ke awal pendirian Politeknik Keuangan Negara STAN dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No.45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No.12 Tahun 1967 serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI No.1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977 , bahwa STAN didirikan dalam rangka untuk membentuk kader-kader (ajun akuntan dan akuntan) keuangan di Kementerian Keuangan yang memiliki kompetensi yang baik dalam bidang keuangan. Nah dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa nantinya lulusan PKN STAN akan dibutuhkan di kementerian keuangan dengan kata lain akan menjadi pegawai di Kementerian Keuangan.

Baca juga : Ini Dia Gaji Lulusan DIII PKN STAN

Jika masih belum jelas , coba kita telisik ke Keputusan Menteri Keuangan No.289 tahun 2004 tentang Ikatan Dinas bagi lulusan STAN, disana diterangkan bahwa :

Lulusan Program Diploma Bidang Keuangan, kecuali lulusan yang berasal dari mahasiswa tugas belajar, diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil pada Departemen Keuangan atau instansi pemerintah lainnya baik pusat maupun daerah menurut ketentuan kepegawaian yang berlaku. 

Lulusan Program Diploma Bidang Keuangan berhak mendapatkan ijazah dan transkrip nilai setelah menyelesaikan ikatan dinas dan atau membayar ganti rugi sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Keuangan ini. 
Keputusan Menteri Keuangan Nomor 289 Tahun 2004
Keputusan Menteri Keuangan Nomor 289 Tahun 2004
Keputusan Menteri Keuangan Nomor 289 Tahun 2004
Keputusan Menteri Keuangan Nomor 289 Tahun 2004
Dari pernyataan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa lulusan PKN STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Keuangan maupun Instansi Pemerintah lainnya baik ditingkat pusat ataupun daerah.

Apakah adik-adik tertarik untuk masuk PKN STAN? Menurut admin, PKN STAN merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki prospek kerja sangat cerah karena mahasiswanya akan menjadi pegawai negeri sipil di kementerian keuangan yang memiliki tunjungan terbesar dibanding kementerian lainnya.

Artikel ini dibuat oleh dan dimuat pada  http://kuliahpknstan.blogspot.com/ , apabila terdapat kesalahan info maupun penulisan kata yang tidak tepat, silahkan hubungi kami pada menu atas dibagian website ini.

Artikel Terkait

Prospek Kerja Lulusan PKN STAN
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email