Sabtu, 16 April 2016

Jurusan Kepabeanan dan Cukai PKN STAN

beacukai

APA ITU JURUSAN KEPABENAN DAN CUKAI?


Jurusan Kepabeanan dan Cukai PKN STAN - Jurusan Kepabeanan dan Cukai Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN dipimpin oleh Ketua Jurusan. Jurusan Kepabeanan dan Cukai memiliki 2 (dua) Program Studi unggulan, yaitu :
  1. Program Studi Diploma Tiga (III) Kepabeanan dan Cukai; dan
  2. Program Studi Diploma Satu (I) Kepabeanan dan Cukai.
Masing-masing Program Studi dipimpin oleh Ketua Program Studi. Penyelenggaraan pendidikan untuk Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai diselenggarakan di Kampus PKN STAN. Sedangkan untuk Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai, selain diselenggarakan di Kampus PKN STAN, juga mengambil tempat di Balai Diklat Keuangan yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.


Jurusan bea dan cukai memiiliki dua tingkat spesialisasi yaitu program studi diploma I serta program studi diploma III. Program studi diploma I terbuka untuk perempuan dan laki laki. Sedangkan untuk program diploma III bea dan cukai dikhususkan untuk laki laki saja. Pendidikan jurusan bea dan cukai dilaksanakan semi militer.


Jurusan ini diadakan untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidang bea dan cukai. Mungkin ada yang bertanya, bea dan cukai itu seperti apa? Daripada dijelaskan lebih rinci tentang bead an cukai itu seperti apa, langsung aja deh intinya bahwa bead an cukai itu erat kaitannya dengan transaksi jual beli antar negara.


Kalu kita berbica tentang transaksi jual beli serta perdagangan antar negara, pasti langsung terbayang dengan kata ekspor dan impor. Benar sekali bro. Bea dan cukai itu erat kaitannya dengan aktivitas ekspor dan impor. Jadi intinya bead an cukai itu berkaitan dengan pajak ekspor dan impor, pengurusan ijin dan persyaratan ekspor dan impor.


Dikarenakan berkaitan dengan aktivitas ekspor impor maka jurusan bea dan cukai selain mempelajari mata kuliah umum yang berkaitan dengan keuangan, jurusan ini juga belajar tentang pengetahuan sifat sifat bahan  material kimiawi suatu bahan. Hal ini dimaksudkan agar lulusan jurusan ini mampu melakukan inspeksi terhadap barang barang ekspor impor.


Pelaksanaan pendidikan spesialisasi bea cukai dilaksanakan di kampus rawamangun untuk program studi diploma III sedangkan untuk program studi diploma I dilaksanakan di bali, malang, palembang, Makassar.

Sumber : pknstan dan blog herniawan , beadancukai.com

Artikel Terkait

Jurusan Kepabeanan dan Cukai PKN STAN
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email